Minggu, 28 April 2019

Resep BIBIMBAP


Katanya, ini nasi campur ala Korea. Makannya juga dicampur semua. Kalau kamu pernah melihat drama Korea Full House, ini makanan yang biasa dimasak oleh Song Hye Kyo.
Bahan-bahan:
3-5 sendok makan saus gochujang
1 botol minyak wijen
3 sendok makan saus bulgogi
10 siung bawang putih, dirajang halus
1 buah wortel, dipotong tipis-tipis
1 pak taoge, cuci bersih, buang bagian ekornya
1 ikat bayam
1 pak jamur shiitake atau jamur kunci, dipotong-potong
100 gram daging giling (sesuai seleramu)
1 butir telur ayam
Garam, merica dan gula secukupnya
Nasi putih hangat
Cara membuat:
  1. Potong bahan-bahan sesuai petunjuk.
  2. Tumis wortel, taoge, dan jamur dengan minyak wijen dan bawang putih sedikit. Kemudian bumbui dengan garam, merica, dan gula secukupnya. Sayuran-sayuran ditumis sendiri-sendiri selama satu sampai dua menit.
  3. Bersihkan bayam, rebus dengan garam satu sendok teh. Angkat ketika sudah terlihat layu dan berubah warna, masukkan ke dalam baskom air yang dicampur dengan es. Tiriskan, kemudian tumis sebentar dengan dua sendok teh minyak wijen dan sedikit bawang putih.
  4. Taruh daging giling di mangkuk, campur dengan saus bulgogi, bawang putih sedikit, serta garam, merica dan gula secukupnya. Diamkan selama 15 menit.
  5. Tumis daging dengan menggunakan minyak wijen.
  6. Buat telur dadar, kemudian potong tipis dan panjang.
  7. Campur saus gochujang sebanyak 3 sendok makan dengan satu sendok makan minyak wijen dan satu sendok makan air hangat. Aduk sampai rata dan lembut. Kalau kamu merasa kurang terasa, tinggal menambahkan sedikit dari tiga bahan tersebut.
  8. Kalau sudah, campurkan semua bahan di dalam mangkuk bersama nasi putih, siram dengan sausnya, aduk sampai rata dan makan! (ICA)


EmoticonEmoticon